Tips Raih Engagement Media Sosial Meningkat

Tips Raih Engagement Media Sosial Meningkat

Sosial media menarik perhatian para pelaku usaha dan para marketer karena insight yang tinggi dari masyarakat menjadikan sosial media sebagai wadah untuk marketer memasarkan atau memperkenalkan produk mereka.

Seiring berkembangnya waktu, sosial media mengalami banyak peningkatan dengan muncul berbagai platform yang menyita perhatian masyarakat, seperti salah satunya adalah Instagram. Pengguna Instagram telah mencapai jutaan yang tersebar di seluruh dunia termasuk Indonesia.

Masyarakat dari berbagai kalangan umur mulai menggunakan Instagram untuk mencari atau berbagi informasi dan juga sebagai sarana hiburan. Instagram ini selain sebagai sarana untuk menerima informasi, dapat bermanfaat bagi para pelaku usaha atau marketer sebagai wadah untuk memperkenalkan produk.

Bagi kamu yang membuka bisnis sebagai reseller seperti salah satunya reseller kosmetik. Instagram menjadi sarana yang bisa kamu manfaatkan juga untuk memperkenalkan produk. Instagram memiliki banyak fitur yang dapat kamu gunakan untuk menarik perhatian masyarakat dalam menaikkan engagement rate sehingga produk semakin dikenal.

Namun, seperti yang kamu tahu bahwa menarik perhatian masyarakat umum untuk tertarik dengan produk kita tidak bisa didapatkan begitu saja, harus ada usaha untuk menarik audiens dan menaikkan engagement rate.

Berikut beberapa cara untuk kamu mendapatkan engagement rate yang tinggi :

1. Ciptakan Ciri Khas

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah ciptakan ciri khas dari gaya promosmu di instagram yang unik dan berbeda dari yang lain. Ciri khas ini dapat kamu buat melalui kata-kata copywriting atau konten yang kamu buat memiliki keunikan yang membuat orang tertarik.

2. Menggunakan HashTag

Penggunaan hashtag ini juga berpengaruh untuk kamu meningkatkan engagement rate instagram. Dengan kamu menggunakan hashtag tidak menutup kemungkinan bahwa postinganmu tidak hanya dilihat masyarakat dari dalam negeri namun juga luar negeri karena saat kamu menggunakan hashtag otomatis masyarakat dari seluruh dunia dapat melihatnya.

Satu hal yang perlu kamu perhatikan, pilihlah hashtag yang sesuai dengan konten postingan. Disarankan menggunakan hashtag yang sesuai karena jika tidak sesuai justru akan menimbulkan akunmu akan di shadowban oleh instagram. Kamu juga harus memaksimalkan penggunaan hashtag dan hindari hashtag yang bersifat negative.

3. Rutin Posting

Langkah selanjutnya adalah rajin memposting karena langkah ini adalah salah satu trik untuk meningkatkan engagement. Algoritma yang dipertimbangkan oleh instagram salah satunya adalah postingan konten yang baru.

Dengan kamu memposting konten-konten baru, maka semakin besar peluang untuk postinganmu mendapat engagement yang tinggi. Oleh karena itu, kamu harus konsisten dalam memposting konten, dapat kamu buat pola postinganmu dalam sehari.

4. Berinteraksi dengan Followers

Langkah penting yang harus kamu lakukan adalah berinteraksi dengan followers. Kamu harus membangun interaksi dengan followers karena hal ini dapat menaikan insight sehingga meraih engagement tinggi.

Kamu dapat melakukan berbagai cara menarik dan menyenangkan untuk dapat berinteraksi dengan followers. Cara yang bisa kamu lakukan adalah berbagi konten foto, video dengan menggunakan caption yang seperti mengajak langsung followers.

Cara lain yang dapat kamu gunakan adalah melalui instastory seperti membuat QnA, menceritakan hal menarik, memberi challenge berupa polling, dll.

5. Mengikuti Tren

Seiring berkembangnya waktu dari hari ke hari, tren-tren baru terus bermunculan di media sosial.

Kamu harus selalu mengikuti tren dan memanfaatkan tren yang sedang ramai di media sosial untuk memasarkan produk dengan konten yang menarik.

Ini cara terampuh untukmu menaikan engagement rate.

6. Konten Yang Menarik

Salah satu hal yang harus diperhatikan sebelum kamu memposting konten adalah buat kontenmu dengan menarik.

Selalu gali ide dan cari referensi dari berbagai platfrom media sosial. Kamu bisa menggunakan teknik ATM (Amati, Tiru, Modifikasi).

Jika kontenmu selalu unik setiap harinya akan menarik banyak audiensmu di instagram.

Pastikan konten yang kamu buat tidak memplagiasi konten pihak lain.

7. Aktif Menggunakan Fitur Reels dan Instastory

Selain memposting konten pada feeds instagram, kamu juga harus aktif dalam membuat konten di reels dan instastory.

Reels dan instastory memiliki jangkauan yang lebih luas dan fitur lainnya yang disediakan dalam instastory dan reels juga beragam untuk kamu maksimalkan membuat konten yang menarik.

Demikian tips-tips yang bisa kamu ikuti sebagai pelaku usaha, marketer, ataupun reseller kosmetik untuk menaikkan engagement rate instagram milikmu. Dikarenakan, industri kosmetik saat ini sedang melejit di kalangan masyarakat, Jadi, untukmu reseller kosmetik, kamu dapat manfaatkan tips-tips diatas agar produk yang kamu tawarkan semakin dikenal masyarakat.

Semoga dapat kamu ikuti dengan baik dan bermanfaat untukmu.

Bagi kamu yang ingin memulai bisnis sebagai reseller kosmetik, kamu bisa daftarkan dirimu di PT Cressindo Kusuma.

 

Konsultasi Maklon

©2022. Buat Skincare - Pabrik Kosmetik